Selasa, 19 Februari 2013

cara mencegah banjir

cara mencegah banjir


Banjir merupakan satu kata yang sangat akrab di telinga kita, karena pada musim hujan sekarang ini banjir tidak bisa ter elakkan lagi terutama di kota - kota besar seperti Jakarta.
Hujan yang terus menerus dan seperti tak mengenal lelah menyebabkan pasokan air di bumi meluap hinga ke daratan, maka dari itu pada saat musim hujan sekarang ini yang tinggal di kota-kota besar harus waspada dan pandai - pandai membersihkan lingkungannya.

Lalu bagaimana cara mencegah banjir, sehingga banjir tidak sampai meluap ke daerah pemukiman???
Berikut saya akan berbagi tips - tips cara mencegah danpencegahan banjir buat sobat Inspirasiku.

Cara Mencegah Banjir
Cara Mencegah Banjir


Cara Mencegah Banjir :

  1. Bersihkan Sungai Dari Kotoran. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab utama banjir adalah karena sungai - sungai yang tersumbat oleh sampah yang menumpuk. Banyak dari masyarakat kurang sadar akan hal itu, namun sebenarnya penyebab utama banjir adalah sampah yang menumpuk di sungai.
  2. Bersihkan Selokan. Selokan merupakan salah satu sistem alur air yang nantinya akan bermuara di sungai, namun jika selokan di sekitar kita penuh dengan sampah bagaimana air dapat mengalir???? kita sudah pasti tahu air bakalan meluap ke jalanan hingga naik ke daerah pemukiman.
  3. Tanam Bambu Pohon. Pohon bambu merupakan salah satu tanaman konservasi air. Batangnya yang bolong dan beruas merupakan tempat untuk penyimpanan air saat kandungan air dalam tanah penuh dan saat pada musim kemarau bambu akan melepaskan air yang telah di simpannya. Selain itu bambu mampu menghasilkan oksigen di udara, sekitar 35 persen.
    Bukankah itu sangat menguntungkan ????
  4. Perbanyak Lahan Tanah Di Pekarangan. Jika anda memiliki pekarangan di rumah sebaiknya anda tidak menutupinya dengan batako, silahkan tutupi lahan tersebut dengan rumput lalu tanami dengan berbagai tanaman. Agar ketika kandungan air berlebih pada saat hujan, rumput - rumput tersebut bisa menyerap dan menyimpannya dalam tanah. Bayangkan jika anda menutupinya dengan paving block??? air tidak akan pernah bisa masuk ke dalam tanah dan anda pasti sudah tahu jawabannya??!!
  5. Mari bersama - sama menyadarkan keluarga dan lingkungan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, karena lingkungan bukan tanggung jawab aparat saja, melainkan tanggung jawab bersama dan demi kepentingan kita bersama juga.
Semoga Cara mencegah banjir di atas bisa bermanfaat dan anda terapkan di rumah dan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar